visit day

Kamis, 23 Juni 2011

Future Continuous (Progressive) Tense

Formula untuk Future Continuous tense atau Future Progressive Tense adalah:

Subject + will + be + ( verb1+ing) + object + modifier
Subject + [(is/am/are/) going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier

Contoh:

  1. Farmers in Jati Bali will be growing rice crops at 9 a.m. tomorrow. (Petani-petani di Jati Bali akan sedang menanam padi jam 9 pagi besok).
  2. Some students are going to be conducting research on vegetative plant propagations when I go to the agronomy laboratory next week. (Beberapa siswa akan sedang melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif ketika saya pergi ke lab. agronmy dua hari depan).
  3. Transpiration will be starting to increase at 8 a.m. tomorrow. (Transpirasi  akan sedang mulai meningkat jam 8 besok pagi).

Penggunaan Future Continuous Tense

Penggunaan future continuous tense pada prinsipnya sama dengan past continuous tense. Yang membedakan adalah jika past continuous tense menyatakan kejadian/aktivitas yangsedang berlangsung in the past, future continuous tense menyatakan kejadian/aktivitas yang sedang berlangsung in the future. Pembicara tahu bahwa suatu kejadian/aktivitas akan sedang berlangsung karena kejadian/aktivitas tersebut telah direncanakan (bukan karena prediksi) atau  karena merupakan regular happening/habitual action.

Untuk lebih memahami perbedaan antara kedua tensis ini, tulisan ini dibuat dengan menggunakan konsep dan contoh-contoh pada past continuous tense. Dan tentu saja, keterangan waktunya telah digeser dari past time menjadi future time.

Future Continuous Tense digunakan

1. Untuk menyatakan kejadian/aktivitas yang akan sedang terjadi pada waktu yang spesifik di masa depan. Spesifikasi waktu biasanya dinyatakan dengan jam (i.e. jam berapa kejadian itu berlangsung). Sebagai ilustrasi, perhatikan contoh kalimat 1 di bawah. Sebagai seorang ibu, saya tahu rutinitas putri saya. Jam 3 -5 belajar atau ngerjakan PR, jam 8-9 nonton TV, 9-11 bejalar lagi. Karena sudah tahu persis rutinitas putri saya tersebut, saya berani bilang bahwa pada jam 8.30 nanti, dia sedang nonton TV. Logika yang sama juga berlaku pada contoh kalimat 2 – 8.

Contoh:

  1. My daughter will be watching TV at eight thirty  tonight. (Putri saya akan sedang nonton TV jam 8.30 malam ini).
  2. She will be copying the materials at 10 o’clock this morning. (Dia akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini). Asumsi, sekarang belum jam 10 pagi.
  3. will be discussing English with my classmates at 2 p.m. next Friday. (Saya akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelas saya jam 2 sore Jumat depan).
  4. will be being busy at 8 o’clock tomorrow morning. (Saya akan sedang sibuk jam 8 pagi besok).
  5. They will be being very happy at 9 o’clock next Saturday night. (Mereka akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu depan). Asumsi, mereka baru jadian (pacaran).
  6. This time next year, she will be studying Economics at the University of Toronto.(Bulan ini tahun depan, dia akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto).
  7. They will be taking an English exam at 10 a.m. tomorrow. (Mereka akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 besok pagi).
  8. We will be watching a football game at 11 p.m. tonight. (Kami akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 malam ini).

2. Untuk menyatakan kejadian/aktivitas yang sedang terjadi/berlangsung di masa depan, yang terinterupsi oleh kejadian yang lain. Dalam hal ini, formulanya adalah sebagai berikut:

When + subject1 + simple present tense, subject2 + future continuous
Subject1 + future continuous + when + subject2 + simple present tense

Note: Kejadian/aktivitas yang menginterupsi dinyatakan dalam simple present tense dan berfungsi sebagai keterangan waktu; Sisipkan tanda koma, jika letaknya mendahului future continuous. Koma tidak diperlukan jika ditempatkan setelah future continuous.

Contoh:

  1. When I arrive home, my daughter will be watching TV. (Ketika saya tiba di rumah, putri saya akan sedang nonton TV). My daughter punya habit nonton TV.
  2. When I call him tonight, he will be playing card with his friends. (Ketika saya telpon dia malam ini, dia sedang main kartu dengan teman-temannya). He punya habit main kartu sama teman-temannya tiap malam.
  3. will be waiting for you outside the class when you finish your exam. (Saya akan sedang menunggu di luar kelas ketika kamu selesai ujian).
  4. He will still be studying at the library tonight, so he will not see his mother when she arrives home. (Dia akan masih sedang belajar di perpustakaan malam ini, jadi dia tidak akan melihat ibunya ketika ibunya tiba di rumah).
  5. When I go to her house on Saturday night, she will be being with her boyfriend. (Jika saya pergi ke rumahnya malam minggu ini, dia akan sedang bersama dengan pacarnya).

REMEMBER: Hindari menggunakan keterangan waktu “When + future tense“.

3. Juga digunakan untuk menyatakan dua kejadian yang terjadi pada saat bersamaan di masa depan. Dalam hal ini, gunakan formula berikut:

While + subject1 + present continuous, subject2 +  future continuous
Subject1 + future continuous + while + subject2 + present continuous

Contoh:

  1. While I am typing another note tonight, my family will be watching TV in the family room. (Sementara saya sedang mengetik catatan yang lain malam ini, keluarga saya akan sedang nonton TV di ruang keluarga).
  2. While the president is giving his speech, the audience will be listening to him carefully. (Sementara presiden sedang berpidato, pemirsa/hadirin akan sedang mendengarkannya dengan seksama).
  3. Male students will be playing around while the female ones are chitchatting.(Murid laki-laki akan sedang bermain-main sementara murid-murid wanita sedang ngobrol). Kapan mereka belajar ya?
  4. My roommate will be snoring loudly while I am studying. (Teman sekamar saya sedang mendengkur keras sementara saya sedang belajar).
  5. We will be smoking while others are drinking. (Kami akan sedang merokok sementara yang lain akan sedang minum).
  6. John will be washing dishes while Jane is making dinner. (John akan sedang mencuci piring sementara Jane sedang masak untuk makan malam).

REMEMBER: Hindari menggunakan keterangan waktu “While + future continous tense“. Tetapi, kalau keterangan waktunya tidak menggunakan “while“, barulah tiap clause dari kejadian yang sedang berlangsung secara bersamaan ini dinyatakan dengan future continuous tense.

  1. Sorry, we can’t practice our band in my house tonight. My dad will be having his colleagues over and my brother will be studying for his final exam. (Maaf, kita tidak bisa latihan band di rumah saya malam ini. Bapak saya akan sedang menjamu kolega-koleganya di rumah dan kakak saya akan sedang belajar untuk ujian akhirnya.
  2. The party will start at 8 pm. I’ll get there around 9. When I get there, Budi and his band will be performing. Some people will be dancing, some will be drinking and smoking, and the others  will be just talking. (Pestanya akan dimulai jam 8 malam. Saya akan tiba di sana sekitar jam 9. Ketika saya tiba di sana, Budi dan bandnya akan sedang perform. Bebeerapa orang akan sedang berdansa, beberapa akan sedang minum dan merokok, dan yang lainnya akan sedang ngobrol saja).

4. Untuk menyatakan suatu hal atau kejadian yang diyakini/benar-benar akan segera terjadi.

Contoh:

  1. I think the sun will be shining soon. (Saya kira matahari akan segera sedang bersinar).
  2. Oh no! The clouds are very dark and thick. It will be raining soon. (Oh tidak! Awan sangat gelap dan tebal. Akan segera sedang turun hujan).

Negative Form

Bentuk negatif dari kalimat dalam Future Continuous Tense dibuat dengan menambahkan ‘not’ setelah auxilliary will, atau setelah is/am/are, seperti yang terlihat dalam formula berikut:

Subject + will + not + be + (verb1+ing) + object + modifier
Subject + [(is/am/are/) + not + going to] + be +(verb1+ing) + object + modifier

Note: Will not dapat dikontraksi  menjadi won’t.

Contoh:

  1. My daughter will not be watching TV at eight thirty tonight. (Putri saya tidak akan sedang nonton TV jam 8.30 malam ini).
  2. She will not be copying the materials at 10 o’clock this morning. (Dia tidak akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini).
  3. will not be discussing English with my classmates at 2 p.m. next Friday. (Saya tidak akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelas saya jam 2 sore Jumat depan).
  4. will not be being busy at 8 o’clock tomorrow morning. (Saya tidak akan sedang sibuk jam 8 pagi besok).
  5. They will not be being very happy at 9 o’clock next Saturday night. (Mereka tidak akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu depan). Mereka baru saja bubaran.
  6. This time next year, she won’t be studying Economics at the University of Toronto.(Bulan ini tahun depan, dia tidak akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto).
  7. They won’t be taking an English exam at 10 a.m. tomorrow. (Mereka tidak akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 besok pagi).
  8. We won’t be watching a football game at 11 p.m. tonight. (Kami tidak akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 malam ini). Dan seterusnya.

Yes/No Questions

Yes/No Questions untuk Future Continuous Tense adalah sebagai berikut:

Will + subject + be + (verb1+ing) + object + modifier?
(Is/Am/Are/) + subject + [going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier?

Contoh:

  1. Will your daughter be watching TV at eight thirty tonight? (Apakah putri anda akan sedang nonton TV jam 8.30 malam ini?).
  2. Will she be copying the materials at 10 o’clock this morning? (Apakah dia akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini?).
  3. Will you be discussing English with my classmates at 2 p.m. next Friday? (Apakah saya akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelas saya jam 2 sore Jumat depan?).
  4. Will be being busy at 8 o’clock tomorrow morning? Yes, I will. (Apakah saya akan sedang sibuk jam 8 pagi besok?).
  5. Will they be being very happy at 9 o’clock next Saturday night? (Apakah mereka akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu depan?).
  6. Will she be studying Economics at the University of Toronto this time next year?(Apakah dia akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto pada bulan ini tahun depan?).
  7. Will they be taking an English exam at 10 a.m. tomorrow? (Apakah mereka akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 besok pagi?).
  8. Will wbe watching a football game at 11 p.m. tonight? (Apakah kami akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 malam ini?). Dan seterusnya.

Note: Pola yang kedua dari future continuous tense hampir tidak diberikan contoh di sini. Silakan anda latihan dengan mengganti semua will dengan (is/am/are) going to.

Contoh:

  • My daughter will be watching TV at 8.30 tonight.

Kalimat ini menjadi:

  • My daughter is going to be watching TV at 8.30 tonight. (affirmative).
  • My daughter isn’t going to be watching TV at 8.30 tonight. (negative).
  • Is my daughter going to be watching TV at 8.30 tonight? (interrogative)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar