visit day

Kamis, 23 Juni 2011

Past Future Continuous Tense

Pola untuk Past Future Continuous atau Past Future Progressive Tense adalah:

Subject + would + be +( verb1+ing) + object + modifier
Subject + [(was/were) going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier

Contoh:

  1. Farmers in Jati Bali would be growing rice crops at 9 a.m. yesterday. (Petani-petani di Jati Bali akan sedang menanam padi jam 9 pagi kemarin).
  2. Some students were going to be conducting research on vegetative plant propagations when I go to the agronomy laboratory last week. (Beberapa siswa akan sedang melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif ketika saya pergi ke lab. agronmy dua hari depan).
  3. Transpiration would be starting to increase at 8 a.m. this morning. (Transpirasi  akan sedang mulai meningkat jam 8 pagi ini).

Penggunaan Past Future Continuous Tense

Penggunaan past future continuous tense pada prinsipnya sama dengan future continuous tense. Yang membedakan adalah jika future continuous tense menyatakan kejadian/aktivitas yang akan sedang berlangsung in the future, past future continuous tense menyatakan kejadian/aktivitas yang akan sedang berlangsung in the past. Dengan kata lain, past future continuous tense adalah mengungkapkan kembali prediksi atau rencana yang akan sedang terjadi/dilakukan, dan prediksi/rencana tersebut sekarang sudah bergeser dari future time ke past time.

Untuk lebih memahami perbedaan antara kedua tensis ini, silakan gunakan kembali analogi yang digunakan pada past future tense. Tulisan ini juga dibuat dengan menggunakan konsep dan contoh-contoh pada future continuous tense. Perhatikan dan bandingkan perbedaan waktunya.

Past Future Continuous Tense digunakan:

1. Untuk menyatakan kembali kejadian/aktivitas yang diprediksi/direncanakan akan sedang terjadi/dilakukan pada waktu yang spesifik di masa lampau. Note: Spesifikasi waktu biasanya dinyatakan dengan menyatakan jam (i.e. jam berapa kejadian/aktivitas itu diprediksi/direncanakan akan berlangsung/dilakukan) dan time clause.

Contoh:

  1. My daughter would be watching TV at eight o’clock last night. (Putri saya akan sedang nonton TV jam 8 tadi malam).
  2. She would be copying the materials at 10 o’clock this morning. (Dia akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini). Asumsi, sekarang sudah lewat jam 10 pagi.
  3. would be discussing English with my classmates at 2 p.m. last Friday. (Saya akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelas saya jam 2 sore Jumat lalu).
  4. would be being busy at 8 o’clock yesterday morning. (Saya akan sedang sibuk jam 8 pagi kemarin).
  5. They would be being very happy at 9 o’clock last Saturday night. (Mereka akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu lalu).
  6. This time last year, she would be studying Economics at the University of Toronto. (Bulan ini tahun lalu, dia akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto).
  7. They would be taking an English exam at 10 a.m. yesterday. (Mereka akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 pagi kemarin).
  8. We would be watching a football game at 11 p.m. last night. (Kami akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 tadi malam).

2. Untuk menyatakan kejadian/aktivitas yang yang direncanakan akan sedang terjadi/berlangsung di masa lampau, yang terinterupsi oleh kejadian yang lain. Dalam hal ini, formulanya adalah sebagai berikut:

When + subject1 + simple past, subject2 + past future continuous
Subject1 + past future continuous + when + subject2 + simple past

Note: Kejadian/aktivitas yang menginterupsi dinyatakan dalam simple past tense dan berfungsi sebagai keterangan waktu; Sisipkan tanda koma, jika letaknya sebelum past future continuous. Namun, koma tidak diperlukan jika ditempatkan setelah past future continuous.

Contoh:

  1. When I arrived home last night, my daughter would be watching TV. (Ketika saya tiba di rumah tadi malam, putri saya akan sedang nonton TV).
  2. When I called him last night, he would be playing card with his friends. (Ketika saya telpon dia tadi malam, dia sedang main kartu dengan teman-temannya).
  3. would be waiting for you outside the class when you finished your exam. (Saya akan sedang menunggu di luar kelas ketika kamu selesai ujian).
  4. He would still be studying at the library tonight, so he would not see his mother when she arrived home. (Dia akan masih sedang belajar di perpustakaan malam ini, jadi dia tidak akan melihat ibunya ketika ibunya tiba di rumah).
  5. When I went to her house on last Saturday night, she would be being with her boyfriend. (Jika saya pergi ke rumahnya malam minggu lalu, dia akan sedang bersama dengan pacarnya).

3. Untuk menyatakan dua kejadian/aktivitas yang diprediksi atau direncanakan  akan sedang terjadi/dilakukan pada saat bersamaan di masa lampau. Dalam hal ini, gunakan formula berikut:

While + subject1 + past future continuous, subject2 + past future continuous
Subject1 + future continuous + while + subject2 + future continuous

Contoh:

  1. While I would be typing another note last night, my family would be watching TV in the family room. (Sementara saya sedang mengetik catatan yang lain tadi malam, keluarga saya akan sedang nonton TV di ruang keluarga).
  2. While the president would be giving his speech last Monday, the audience would belistening to him carefully. (Sementara presiden sedang berpidato Senin lalu, pemirsa/hadirin akan sedang mendengarkannya dengan seksama).
  3. Male students would be playing around while the female ones would bechitchatting.
  4. My roommate would be snoring loudly while I would be studying. (Teman sekamar saya sedang mendengkur keras sementara saya sedang belajar).
  5. We would be smoking while others would be drinking. (Kami akan sedang merokok sementara yang lain akan sedang minum).
  6. John would be washing dishes while Jane would be making dinner. (John akan sedang mencuci piring sedangkan Jane akan sedang masak untuk makan malam).
  7. My dad would be having his colleagues over while my brother would be studyingfor his final exam last Sunday. Bapak saya akan sedang menjamu kolega-koleganya di rumah sementara kakak saya akan sedang belajar untuk ujian akhirnya.

4. Untuk menyatakan kembali suatu hal atau kejadian/aktivitas yang diyakini/benar-benar akan segera terjadi di masa lampau.

Contoh:

  1. I thought the sun would be shining soon. (Saya kira matahari akan segera sedang bersinar).
  2. Because the clouds were very dark and thick yesterday, we believed it would be raining soon. (Karena awannya sangat gelap dan tebal, kita yakin huja akan segera turun).

Negative Form

Bentuk negatif dari kalimat dalam past future continuous tense dibuat dengan menambahkan ‘not’ setelah auxilliary would, atau setelah be was/were, seperti yang terlihat dalam pola berikut:

Subject + would + not + be + (verb1+ing) + object + modifier
Subject + [(was/were) + not + going to] + be +(verb1+ing) + object + modifier

Note: Would not dapat dikontraksi  menjadi wouldn’t.

Contoh:

  1. My daughter would not be watching TV at eight o’clock last night. (Putri saya tidak akan sedang nonton TV jam 8 tadi malam).
  2. She would not be copying the materials at 10 o’clock this morning. (Dia tidak akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini). Asumsi, sekarang sudah lewat jam 10 pagi.
  3. would not be discussing English with my classmates at 2 p.m. last Friday. (Saya tidak akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelas saya jam 2 sore Jumat lalu).
  4. would not be being busy at 8 o’clock yesterday morning. (Saya tidak akan sedang sibuk jam 8 pagi kemarin).
  5. They would not be being very happy at 9 o’clock last Saturday night. (Mereka tidak akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu lalu). Mereka baru saja bubaran sehari sebelumnya.
  6. This time last year, she wouldn’t be studying Economics at the University of Toronto. (Bulan ini tahun lalu, dia tidak akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto).
  7. They wouldn’t be taking an English exam at 10 a.m. yesterday. (Mereka tidak akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 pagi kemarin).
  8. We wouldn’t be watching a football game at 11 p.m. last night (Kami tidak akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 tadi malam). Dan seterusnya.

Yes/No Questions

Yes/No Questions untuk Future Continuous Tense adalah sebagai berikut:

Would + subject + be + (verb1+ing) + object + modifier?
(Was/Were) + subject + [going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier?

Contoh:

  1. Would your daughter be watching TV at eight o’clock last night? (Apakah putri anda akan sedang nonton TV jam 8 tadi malam?).
  2. Would she be copying the materials at 10 o’clock this morning? (Apakah dia akan sedang memfotokopi materi jam 10 pagi ini?). Asumsi, sekarang sudah lewat jam 10 pagi.
  3. Would you be discussing English with your classmates at 2 p.m. last Friday? (Apakah kamu akan sedang mendiskusikan bahasa Inggris dengan teman-teman kelasmu jam 2 sore Jumat lalu?).
  4. Would be being busy at 8 o’clock yesterday morning? Yes, I would. (Apakah saya akan sedang sibuk jam 8 pagi kemarin?).
  5. Would they be being very happy at 9 o’clock last Saturday night? (Apakah mereka akan sedang sangat bahagia jam 9 malam minggu lalu?).
  6. Would she be studying Economics at the University of Toronto this time last year? (Apakah dia akan sedang belajar/kuliah Ekonomi di Universitas Toronto pada bulan ini tahun depan?).
  7. Would they be taking an English exam at 10 a.m. yesterday? (Apakah mereka akan sedang mengikuti ujian bahasa Inggris jam 10 pagi kemarin?).
  8. Would wbe watching a football game at 11 p.m. last night? (Apakah kami akan sedang nonton pertandingan sepak bola jam 11 tadi malam?). Dan seterusnya.

Note: Pola yang kedua dari future continuous tense hampir tidak diberikan contoh di sini. Silakan kamu latihan dengan mengganti semua would dengan (was/were) going to.

Contoh:

  • My daughter would be watching TV at 8 o’clock last night.

Kalimat ini menjadi:

  • My daughter was going to be watching TV at 8 o’clock last night.
  • My daughter wasn’t going to be watching TV at 8 o’clock last night.
  • Was my daughter going to be watching TV at 8 o’clock last night?

Sekarang timbul pertanyaankenapa tidak dinyatakan dalam past continuous tense saja, karena kejadian/aktivitas dalam kalimat di atas sama-sama mengandung makna sedang terjadi atau sedang dilakukan in the past? Silakan leave a comment!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar